140 Orang Positif COVID-19 di Copa America 2021

By Nad

nusakini.com - Internasional - Setidaknya 140 orang yang terkait dengan Copa America 2021 terjangkit COVID-19. Di antaranya adalah pemain, anggota delegasi, dan penyedia jasa. Jumlah kasus ini tercatat sejak dilaksanakannya turnamen ini di Brazil pada 13 Juni lalu.

Brazil terpilih menjadi tuan rumah turnamen sepak bola ini pada awal bulan, padahal kasus COVID-19 di Brazil masih terbilang sulit dikontrol oleh pemerintahnya. Argentina dan Colombia adalah tuan rumah yang terpilih. Hingga saat ini, Brazil menempati peringkat kedua dalam jumlah kematian terbanyak akibat COVID-19 setelah Amerika Serikat.

Hampir setengah dari tim nasional yang berpartisipasi telah terinfeksi virus corona. Venezuela adalah tim yang mengalami efek kasus paling buruk, dikabarkan bahwa 8 pemainnya positif covid. Colombia, Bolivia, dan Peru juga memiliki perwakilan yang terinfeksi, namun Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL) belum merilis spesifikasi jumlah kasus di masing-masing tim nasional.

Saat turnamen dimulai, pemain Argentina Lionel Messi menyatakan kekhawatirannya. Ia takut akan terkena virus ini selama bermain dengan timnya. Menurutnya semua orang berisiko terjangkit COVID-19 walaupun sudah berhati-hati.

Di antara kasus positif yang terkonfirmasi di Copa America, 42 adalah pemain dan anggota tim nasional, 97 adalah mereka yang merupakan penyedia jasa yang disewa untuk acara ini, dan satu orang merupakan anggota CONMEBOL.

Jumlah kasus positif ini ditemukan di 4 kota yang mengadakan turnamen yaitu: Rio de Janeiro, Brasilia, Cuiaba, dan Goiania. (dd)